Share It

Kamis, 16 Juni 2011

Mari Berkreasi Dengan Paper Quilling


Saya pernah mendapat undangan pernikahan dari rekan saya. Kartu undangan tersebut sangatlah unik dan indah. Terbuat dari karton yang dilapisi dengan kertas daur ulang dan ornament-ornamen cantik berbentuk bunga, yang terbuat dari potongan-potongan kertas yang digulung-gulung dan di susun sedemikian rupa, sehingga berbentuk beberapa ikat bunga lengkap dengan kupu-kupunya. Sebuah undangan yang sangat cantik.
Pada beberapa kesempatan lain saya kembali menemukan hiasan dari bahan yang sama, kali ini pada bingkai foto.
Penasaran saya mencoba mencari tahu, apa nama hiasan tersebut. Saya mencoba mencarinya melalui beberapa referensi baik dari buku maupun internet. Ternyata kerajinan tersebut adalah kertas Quilling (Paper Quilling).
Kertas quilling, merupakan seni menggulung kertas untuk dijadikan aneka bentuk yang dapat dirangkai menjadi suatu bentuk karya seni. Kerajinan ini pertama kali dikenal di inggris pada abad 15.
Bahan dasar kertas quilling adalah kertas lembaran semacam HVS yang berwarna cerah yang telah dipotong-potong memanjang dengan lebar sekitar 1,5-6 mm. kita juga dapat membeli kertas quilling yang sudah jadi dengan patokan lebar 1,5 mm, 3 mm dan 6 mm.
Untuk membuat sebuah kerajinan quilling, alat dan bahan yang kita perlukan selain kertas quilling, adalah:

Jarum Quilling, jarum ini berbentuk seperti jarum layaknya, namun ujungnya tidak runcing, melainkan membelah dua seperti lidah ular yang dirapatkan. Kita juga bisa membuat sendiri jarum quilling, dengan menggunaan bahan jarum karung goni (jarum berukuran besar). Caranya adalah dengan memotong ujung jarum pada lobang jarum tempat masuknya benang. Sehingga terbentuk celah. Gunanya celah ini adalah untuk menjapit kertas Quilling agar mudah digulung. Sedangkan ujung jarum yang lancip bisa kita tusukan ke batang kayu atau selongsong ballpoint sebagai pegangannya.
Quilling Board, adalah alas yang terbuat dari gabus/bahan lain, yang memiliki lubang beraneka ukuran pada ukurannya. Fungsinya adalah sebagai cetakan untuk membuat lingkaran-lingkaran kertas quilling yang sama besar. Alat ini dapat diganti dengan menggunakan penggaris yang memiliki lubang-lubang berbagai ukuran. Atau kita bisa membuat sendiri dengan mengunakan 2 lembar karton tebal yang direkatkan menjadi satu. Dimana salah satu karton sudah kita buatkan lubang berbagai macam ukuran.
Alat lainnya yang digunakan adalah: penggaris besi, lem kertas/lem putih, jarum pentul dan gunting.
Cara membuat kerajinan kertas quilling sangatlah mudah, kita tinggal menggulung lembaran-lembaran kertas quilling, menjadi beberapa macam bentuk dasar yang kita inginkan, kemudian kertas quilling yang telah terbentuk menjadi bentuk dasa tersebut, kita susun sedemikan rupa, dengan melekatkannya pada media dasar seperti kertas karton, kertas daur ulang ataupun bingkai foto dengan menggunakan lem. Hanya dengan sedikit kreatifitas dan kesabaran, kita sudah bisa menghasilkan suatu karya yang indah dan murah dari kertas quilling.
Macam-macam bentuk dasar kertas quilling:













Pangsa Pasar
Pangsa pasar untuk jenis kerajinan yang satu ini, masih sangat terbuka lebar dengan harga jual yang lumayan tinggi. Karena ini adalah bisnis kreatif, maka tidak pernah ada batasan pasar bagi bisnis kreatif. Semakin kreatif kita dalam menjalankan bisnis ini semakin terbuka lebar pemasaran kita.
Kertas quilling dapat di aplikasikan kedalam berbagai macam bentuk kerajinan, seperti kartu undangan, beraneka macam gift/souvenir, bungkus kado, bingkai foto, hiasan dinding dan berbagai macam aplikasi lainnya. Sebagai inspirasi, sobat bisnis dapat melihat peluang yang di tawarkan dari bisnis ini dari toko online, diantaranya di : http://www.wittyliving.com, http://monicacraft.indonetwork.co.id dan untuk mengetahui lebih lanjut cara membuat kerajinan dengan kertas quilling dengan berbagai macam kreasi, sobat bisnis dapat dengan mudah mencari buku-buku panduannya di took-toko buku terdekat.
Semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi, selamat mencoba.




Macam-macam kreasi kertas quilling:
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar