Share It

Kamis, 16 Juni 2011

Membuat Lampu Tidur Dari Botol Bekas

Kita semua tentunya menyadari, bahwa limbah plastik adalah limbah yang sangat berbahaya bagi kesehatan lingkungan. Karena plastik baru bisa diurai secara alami oleh tanah setelah lebih dari 100 tahun. Dengan banyaknya produksi minuman, botol plastik menjadi pilihan dari para produsen minuman sebagai kemasan, karena selain harganya murah, botol plastik juga mudah untuk dibuat. Dampak dari hal ini adalah menumpuknya limbah botol plastik Karena itu tidak heran jika dimanapun kita berada, pasti kita akan menemukan sampah berupa botol plastik.
Sobat bisnis, tahukah sobat bahwa sebenarnya botol plastik bekas memiliki nilai ekonomi yang tinggi, hanya dengan sedikit sentuhan kreativitas saja? Ya sebenarnya botol plastik bekas sangat mudah untuk kita olah kembali menjadi barang kerajinan yang bernilai seni tinggi, salah satunya adalah kita sulap menjadi lampu tidur/atau lampu sudut yang cantik.
Saat ini model botol plastik sangatlah beragam dengan bentuk yang indah di pandang. Karena itu sebagai langkah awal membuat lampu tidur dari botol plastic kita bisa memilih bentuk botol plastic bekas yang sesuai dengan selera seni kita. Sebut saja botol plastik bekas minuman soft drink misalnya. Sebelum memualai kreasi, bahan dan alat yang kita perlukan adalah:
  1. Botol Plastik Bekas dengan model sesuai selera kita yang telah kita bersihkan,
  2. Kabel listrik,
  3. lampu kecil (lampu cabai beserta cupnya),
  4. colokan lampu,
  5. cutter yang tajam,
  6. lem plastik, dan
  7. cat semprot.


Setelah semua bahan dan perlengkapan telah siap, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah:
  1. Kita potong bagian bawah botol plastik tersebut mengikuti bentuknya menggunakan cutter yang tajam. Jika bentuknya bergelombang kita ikuti saja menurut bentuknya. Bagian bawah botol ini akan kita jadikan sebagai kaki lampu tidur kita.
  2. Lubangi bagian tengah dari bawah botol plastik yang telah kita potong, untuk lubang kabel. Buat juga lubang yang sama di bagian tutup botolnya.
  3. Rekatkan bagian bawah botol plastik yang telah dipotong tersebut kebagian tutup botolnya dengan menggunakan lem. Sesuaikan letaknya dengan lubang yang telah kita buat di tutup botol tersebut (bisa juga lubang dibuat setelah tutup botol dan bagian bawah lubang di rekatkan-pilih yang menurut kita mudah saja)
  4. kemuadian setelah sambungan telah kering dan kuat. Kita bisa memberi warna lampu dari botol plastic tersebut menggunakan cat semprot (bisa menggunakan cat semprot dalam kemasan kaleng (pylok) atau menggunakan cat minyak yang disemprotkan menggunakan semprotan nyamuk).
  5. setelah cat mengering, kita tinggal memasang lampu dan kabelnya saja. Rekatkan cup lampu dengan menggunakan lem pada bagian dalam tutup botol agar lebih kuat.
  6. tambahkan beberapa ornamen/hiasan sesuai dengan selera kita.

Mudah bukan cara membuatnya? Caranya pun sangatlah mudah… hanya dengan sedikit kreativitas kita bisa menyulap sebuah botol plastik bekas yang tidak berguna menjadi hiasan lampu kamar yang cantik dan unik, yang memiliki nilai kreatifitas dan ekonomi yang tinggi. (YSG-PB).

Petunjuk Gambar:

6 komentar:

  1. wah bagus tu, minta ide yang banyak lagi duonk, kebetulan ku punya komunitas yang mencoba ingin mengelola sampah..

    BalasHapus
  2. bagus ide nya..........sip....terus kan kreatipitasnya

    BalasHapus
  3. ok !!!! thanks for coming ....

    BalasHapus
  4. halo boleh kamu jadi follwer blog please di blog ku punya tips cara mempercepat koneksi www.chilindonesia.blogspot.com

    BalasHapus